banner 728x90

KKN-T Unram Lakukan Pemetaan Sumber Air di Desa Tetebatu

banner 728x90

KKN-T Unram Lakukan Pemetaan Sumber Air di Desa Tetebatu

EX-POSE, Lotim – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik, Universitas Negri Mataram (KKN T UNRAM) Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur melakukan kegiatan Pemetaan Sumber Air. Untuk Pemukiman dan Lahan Berkelanjutan di Desa Wisata yang tersembunyi.

Di tengah keindahan alam yang menawan, Desa Tetebatu Selatan menyimpan permata tersembunyi yang masih jarang tersentuh. Termasuk sumber mata air yang vital bagi kehidupan masyarakat setempat.

banner 325x300

Di mana kelompok KKN yang di tempatkan Universitas Negeri Mataram di Desa Tetebatu Selatan memiliki 10 Anggota. Empat di antaranya Mahasiswa dan enam lainya mahasiswi.

Ketua KKN Desa tete batu selatan, Lalu Kukuh Yoga Pratama Putra, mengatakan bahwa Kelompok KKN Tematik Unram di Desa Tetebatu Selatan ini, fokus pada kegiatan pemetaan geografis sumber mata air.

BACA JUGA :  Meriahkan Indo Defence 2022 Expo & Forum, Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Delegasi APMM dan RPM

“Selain memperhatikan potensi pariwisata kita juga berupaya membantu pendayagunaan mata air. Sebagai sumber air untuk lahan dan pemukiman masyarakat setempat,” L Yoga Lewat keterangan tertulisnya pada Jum’at 17 Februari 2023 pada media ini.

Pihaknya mengaku selain mengedukasi masyarakat dan memberikan usulan tentang tata cara pengelolaan sumber air yang lebih baik. Termasuk di antaranya adalah penambahan penampungan air agar mudah di akses oleh masyarakat sekitar.S

“Sebelumnya kita sudah melakukan observasi mata air di beberapa titik di sejumlah wilayah pada Sabtu, 31 Desember 2022 lalu,” beber L Yoga.

Melalui pemetaan sumber air ini, kita berharap dapat membantu meningkatkan kesadaran. Dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

BACA JUGA :  Polresta Tanjungpinang Melewati Batas Waktu, Bubarkan Aksi Unjuk Rasa Warganegara Afganistan Secara Persuasif

“Dengan begitu, Desa Tetebatu Selatan yang kaya akan keindahan alamnya dapat terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan,” tutup Lalu Kukuh Yoga Pratama Putra.

Kegiatan pemetaan mata air tersebut di dampingi langsung oleh aparatur perangkat desa. Dan beberapa kepala wilayah dan seluruh mahasiswa KKN-T Universitas Mataram .

 

Penulis : Aryandis
Editor : Rieke 

 

Berita Lain : Tanker Bermuatan BBM Ilegal Diamankan Dit Polairud Polda NTB

 

KKN-T / EX-POSE

banner 728x90
Bagikan ini
banner 728x90

Home : KKN-T Unram Lakukan Pemetaan Sumber Air di Desa Tetebatu

banner 451x150