banner 728x90

Patroli Maritim, Pesawat Boeing 737-200 Skadron Udara 5 Deteksi Pesawat Asing

Patroli

banner 728x90

Patroli Maritim, Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Deteksi Pesawat Asing Memasuki Wilayah Udara Indonesia

banner 325x300

 

EXPOSE NET, Jatim – Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin dengan callsign Camar Flight melaksanakan misi patroli maritim, terbang diatas ketinggian 15.000 feet,  tiba-tiba mendeteksi pesawat asing yang masuk ke wilayah udara Indonesia. Mendapat informasi adanya pesawat asing yang masuk ke wilayah udara Indonesia pada Selasa, (9/7/2024)

BACA JUGA :  Mudik 2022 : Jadwal Rekayasa One Way dan Ganjil Genap di Tol

Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Devi Oktaviandra, M.Han segera melaporkan kejadian tersebut kepada Panglima Komando Tugas Udara Gabungan.

Usai menerima laporan dari Danskadron Udara 5, Panglima Komando Tugas Udara Gabungan memerintahkan, Komandan Satuan Pesawat Tempur F-16 untuk melaksanakan penghadangan.

BACA JUGA :  Road show to Hari Batik Nasional

Operasi ini disebut juga sebagai Operasi Udara Lawan Udara defensif dimana operasi ini bertujuan untuk mempertahankan dari penghancuran kekuatan udara oleh musuh/lawan di daerah operasi.

Operasi ini dilaksanakan dalam rangka mempertahankan keunggulan udara sehingga pengendalian udara atau Control Of The Air dapat diwujudkan di wilayah udara Indonesia.

BACA JUGA :  Hadiri Tradisi Keceran di Banten, Kapolri: Aset Bangsa yang Harus Dikembangkan dan Dikenal Seluruh Dunia

Kejadian diatas merupakan skenario latihan Sikatan Daya Tahun 2024 yang dilaksanakan Komando Operasi Udara (Koopsud) II.

Latihan ini merupakan program latihan antar satuan Koopsud II yang diselenggarakan untuk menguji kesiapan dan kemampuan para prajurit, satuan dan Alutsista yang dimiliki Koopsud II guna menjamin kesiapan operasional dalam melaksanakan tugas salah satunya menjaga keamanan wilayah udara nasional.

Latihan ini sekaligus menunjukan bahwa TNI Angkatan Udara khususnya Koopsud II memiliki kemampuan dalam proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan operasi sesuai proses pengambilan keputusan militer, serta kesiagaan yang mampu menghadapi kontijensi dalam mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

BACA JUGA :  Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Menjabat Danpaspampres

Latihan Sikatan Daya Tahun 2024 dipusatkan di daerah Pandan Wangi Air Weapon Range, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dalam latihan ini tiga Skadron Udara Lanud Sultan Hasanuddin terlibat dalam latihan  Sikatan Daya 2024 seperti pesawat tempur Sukhoi Skadron Udara 11, Boeing 737 Skadron Udara 5, dan pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 33. (Pen Hnd)


https://expose-net.com/pilot-pesawat-tempur-sukhoi-su-27-30-skadron-11-tiba-di-jatim/

Patroli Maritim

EX-POSE.NET , PULBAKET, WartaBelaNegara

banner 728x90
Bagikan ini
banner 728x90

Home : Patroli Maritim, Pesawat Boeing 737-200 Skadron Udara 5 Deteksi Pesawat Asing

banner 451x150