banner 728x90

Seminar Tingkatkan Manfaat Perpustakaan Oleh Ditjen Imigrasi

Seminar Tingkatkan Manfaat Perpustakaan
banner 728x90

Seminar Tingkatkan Manfaat Perpustakaan, Direktorat Jendral Imigrasi

EXPOSE NET, Jakarta || Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Indra Kusuma Atmaja mengikuti Kegiatan Seminar Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Mendukung Pembuatan Karya Ilmiah Populer yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi di Ayana Midplaza Hotel Jakarta (23/08/2023).

 

banner 325x300

Kegiatan dibuka dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua panitia, Kepala Subbagian Rumah Tangga Direktorat Jenderal Imigrasi, Indra Iswanti.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku tulisan karya ilmiah dan literasi bagi ASN Imigrasi dan juga sebagai Wadah karya ilmiah”, ujar Indra Isnawati.

BACA JUGA :  Menhan RI Terima Kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Pentingnya peran perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan dan membudayakan literasi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi oleh Plt Kepala Bagian Umum Yuni santi nurani.

“Perpustakaan khusus Direktorat Jenderal Imigrasi ini memiliki peran sebagai sumber literasi untuk penelitian, analisis dan pengetahuan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian, bahan pembuatan kebijakan dan juga peningkatan kapasitas pegawai,” sambut Yuni.

 

Selain itu Yuni berharap kepada peserta untuk dapat memanfaatkan kegiatan sebagai sarana belajar, bertukar pikiran dan menyerap ilmu dari berbagai sumber yang akan menyampaikan materinya.

BACA JUGA :  Panglima TNI - Kabakamla Sinergi, Wujudkan Instruksi Presiden

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Fipit Fatimah Pustakawan Ahli Muda. Fipit menjelaskan bahwa Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi juga memanfaatkan sarana berbasis digital dalam bentuk aplikasi Epusimigrasi, JDIH, SLIMS dan Repository.

Dalam rangkaian acara selanjutnya, Staff Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM Asep Kurnia yang turut hadir memberikan seminar dan Insight karya ilmiah. Asep Kurnia menyampaikan betapa pentingnya seorang ASN Imigrasi untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada sebagai peningkatan kapasitas diri.

BACA JUGA :  Presiden Rodrigo Duterte Anugerahi Menkumham Yasonna Laoly Kaanib ng Bayan Award

Selain itu dia berharap kepada seluruh pegawai yang memiliki minat menulis agar menuangkan ide-ide ke dalam tulisan sehingga dapat menghasilkan karya yang nantinya dapat menjadi literasi dan bermanfaat bagi Instansi.

Acara dilanjutkan dengan peluncurkan dan launching Komunitas Imigrasi Menulis oleh Asep Kurnia.

Acara yang diikuti oleh 216 orang peserta yang terdiri dari pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi dan Rudenim seluruh Indonesia dan juga taruna/taruni poltekim ini berlangsung pada hari Rabu 23 Agustus 2023 dan akan berakhir pada hari Jumat 25 Agustus 2023.(*)

BACA JUGA :  Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang Klarifikasi Terkait Isu Korban Pembuat Paspor TPPO Itu Tidak Benar
BACA JUGA :  Yasonna Laoly Bakal Usulkan Dirjen Baru Usai Disemprot Jokowi soal Imigrasi

 

BACA JUGA :  Kemenkumham Terima Opini WTP 14 Kali Berturut-turut

 

BACA JUGA :  Perkuat Pendidikan Pancasila, Sosialisasi Buku Teks Utama Pancasila

Seminar Tingkatkan Manfaat Perpustakaan / danakirtimedia
banner 728x90
Bagikan ini
banner 728x90

Home : Seminar Tingkatkan Manfaat Perpustakaan Oleh Ditjen Imigrasi

banner 451x150